Posted by : Unknown Minggu, 04 Desember 2016

Mungkin kalian pernah melihat ada situs dengan protokol alamat http dan juga https. Perbedaan dari keduanya menurut beberapa pakar internet adalah masalah pada keamanan situs. Nah, jika kalian memang ingin merubah protokol situs kalian menjadi https maka artikel ini tepat untuk kalian. Silahkan kalian lihat cara-caranya di bawah ini.

Cara Seting perubahan protokol HTTP menjadi HTTPS di situs dengan platform CMS WordPress

Untuk melakukan setting ini tentunya kalian harus memiliki domain TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net dan lain sebagainya. Pastikan juga kalian telah menginstal atau mengatifkan sertifikat SSL di hosting server situs kalian. Pengaturan atau setting untuk merubah protokol https di situs WordPress ini cukup mudah yang bisa kalian lihat di bawah ini :

  • Pertama-tama silahkan Kalian login terlebih dahulu di dalam admin panel (dashboard) situs WordPress Kalian.
  • Di dalam dashboard situs Kalian silahkan Kalian pilih, silahkan Kalian masuk ke menu Settings, lalu pilih General.
  • Nah, di dalam menu ini Kalian akan melihat berbagai kolom-kolom pengaturan. Tapi, Kalian fokus pada url atau domain situs Kalian saja yang bertuliskan http://namadomain.com.
  • Untuk merubah protokol url domain Kalian cara cukup dengan menambahkan pada http menjadi https saja.
  • Lalu silahkan klik pada Save changes.

Setelah semua langkah-langkah di atas telah Kalian lakukan dengan benar, maka coba Kalian buka situs Kalian dan perhatikan pada protokol alamat urlnya, pasti sudah menjadi http://.

Akan tetapi, perubahan dengan cara ini biasanya tidak akan turut mengubah semua link di dalam situs Kalian berubah menjadi protokol https. Beberapa link yang telah Kalian buat manual untuk keperluan SEO onpage atau url gambar biasanya tidak ikut berubah. Sehingga ini akan membuat mesin pencari mendeteksi error atau mungkin saja halaman 404. Nah, untuk merubah semua link di dalam situs WordPress Kalian secara keseluruhan menjadi protokol https, tentunya akan sangat lama jika Kalian lakukan manual. Dalam mengatasi cara tersebut, Saya ada trik lain agar semua link yang ada di dalam situs Kalian bisa berubah menjadi protokol https, seperti layaknya mereplace kata pada program MSword.

Cara ini membutuhkan bantuan plugin tentunya. Plugin ini bernama Really Simple SSL. Plugin gratisan ini bisa Kalian dapatkan langsung dari WordPress, dengan cara sebagai berikut :

  • Login ke dashboard situs WordPress Kalian, lalu masuk pada menu Plugin. Di dalam menu plugin ini silahkan Kalian pilih opsi Add New.
  • Pada kolom pencarian plugin silahkan Kalian ketikkan nama plugin Really Simple SSL.
  • Lakukan penginstal plugin Really Simple SSL ini di situs WordPress Anda.
  • Setelah proses penginstalan selesai, silahkan Anda beri tanda checklist pada beberapa opsi berikut yang sesuai dengan gambar di bawah ini.
  • Save pengaturan tersebut dan silahkan Anda cek kembali link-link situs Anda yang tadinya masih berstatus protokol http.

Itulah langkah-langkah dalam merubah protokol status url domain situs WordPress Anda menjadi https. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda. Selamat mencoba.

Sumber : segiempat.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © Hikaru Labs