Posted by : Unknown Minggu, 04 Desember 2016

Duplikat konten pada sebuah situs akan mempengaruhi peringkat dari  situs tersebut. Duplikat konten di mata mesin pencari akan berada pada halaman pencari terakhir atau bisa saja terhapus. Walaupun Kalian melakukan teknik SEO dengan kemampuan dewa, tapi jika konten Kalian duplikat atau hasil copas maka hasilnya pun tidak akan baik. Nah, di bawah ini ada beberapa cara untuk Kalian dengan mudah dalam menemukan artikel yang duplikat atau yang dicopas dari situs Kalian.

Cek Duplicate Konten di Copyscape


Yang pertama adalah Kalian bisa menggunakan situs yang bernama Copyscape. Situs ini memang sudah cukup terkenal di para kalangan Blogger, apalagi untuk Blogger-Blogger yang  telah tua. Situs cukup efektif untuk menemukan artikel pada situs Kalian yang terduplikasi. Hasilnya pun cukup memuaskan, karena hasil pencarian duplikat kontennya ini tidak hanya memunculkan situs luar saja, akan tetapi bisa juga digunakan untuk mengecek konten artikel yang duplikat di dalam situs Kalian. Saat Kalian membuka halaman utama dari situs Copyscape.com ini, Kalian akan disajikan sebuah kolom pencarian. Kalian cukup memasukkan url dari konten atau artikel yang ingin Kalian cari duplikasinya.

Gunakan Pencarian Judul dan Paragraf

Cara ini adalah cara paling mudah, dan juga terbilang cukup efektif untuk digunakan dalam mencari artikel situs yang  diduplikasi atau dicopas. Kalian bisa mencari artikel Kalian yang telah dicopas atau diduplikasi dengan menggunakan mesin pencari Google. Sebuah situs atau blog yang telah online tentunya akan muncul pada halaman pencarian Google. Kemunculannya ini entah pada halaman pertama atau pada halaman 10, tapi yang pasti situs atau blog tersebut sudah memiliki index halaman tersendiri di Google. Setiap artikel yang telah diposting dan dipublikasikan di situs, tentunya akan terindex dan masuk pada halaman pencarian Google juga.

Nah, dengan hasil index dari mesin pencari Google, ini tentunya Kalian bisa dengan mudah menemukan artikel yang telah diduplikasi (copas) tersebut. Kalian cukup memasukkan judul dari salah satu artikel Kalian. Dan, jika situs yang menduplikasi artikel Kalian 100% maka pasti judulnya pun akan sama dan akan muncul pada halaman pencarian Google. Jika, Kalian ingin lebih efektif lagi, maka Kalian bisa mencari satu paragraf utuh pada artikel tersebut. Karena, biasanya para tukang copas ini hanya merubah judul saja, dan tidak merubah isi dari artikel tersebut. Jadi, jika Kalian mengcopy satu paragraf kemudian paste pada kolom pencarian Google maka, hasilnya pasti akan lebih relevan lagi. Dan, Kalian pun akan dengan mudah menemukan situs yang mencopas artikel Kalian.

Menggunakan Perintah Mesin pencarian Google “Site:”

Untuk yang satu ini hanya berlaku untuk artikel atau konten yang ada di dalam situs Kalian sendiri (eksternal). Cara ini tetap menggunakan bantuan dari mesin pencari Google.com. Kalian hanya mengetikkan “site:namasitus.com judul artikel”, maka Google akan mencari artikel yang duplikat atau mirip dengan judul yang Kalian masukkan tersebut. Jadi, jika Kalian memiliki banyak penulis, maka cara ini sangatlah efektif untuk melakukan pemeriksaan konten agar tidak duplikat dari setia penulis tersebut.

Semoga bermanfaat!

Sumber: segiempat.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © Hikaru Labs